Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

IBX5882982F137B3

Comment

Popular

Jumat, 15 Desember 2017

Tips Memilih Design Workstation Kantor


Workstation sangatlah berguna karena pekerja kantor pada umumnya selalu menghabiskan sebagian besar waktunya dengan aktivitas seperti membaca, menulis, dan mengetik di atasnya. Untuk itulah pemilihan desain work station yang tepat sesuai dengan kebutuhan pekerja kantor sangat penting demi memberikan rasa nyaman kepada karyawan. Selain itu, pemilihan design workstation yang salah juga dapat memberikan efek samping pada kesehatan karyawan yang bekerja. Dan juga hal ini berpengaruh pada hasil pekerjaan. Karena sangat tidak mengenakan jika harus bekerja selama berjam-jam di lingkungan kerja dengan menggunakan peralatan kerja yang tidak nyaman.
foto:rajakantor.com
Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih desain workstation adalah tinggi meja yang harus sesuai dengan tinggi pengguna. Karena jika permukaan meja terlalu rendah maka akan membuat penggunanya terpaksa untuk menundukkan punggung, jika berada dalam posisi dalam jangka waktu yang lama dan dilakukan secara terus menerus maka akan berakibat buruk bagi punggung. Sedangkan jika permukaan mejanya terlalu tinggi juga akan menyebabkan mata cepat merasa lelah dan juga memicu nyeri di area bahu dan lengan. Oleh sebab itu, penting untuk memilih meja kerja yang tepat guna menghindari hal tersebut terjadi pada karyawan. Karena meskipun mereka tidak mengeluh, pasti rasanya sangat tidak nyaman dan hal ini dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan.

Solusinya adalah dengan menyediakan meja kerja yang sesuai dengan postur tubuh normal. Dengan permukaan meja yang agak sedikit miring, sehingga karyawan bisa menyesuaikan jika suatu waktu melakukan pekerjaan yang akan banyak menuntut secara visual. Jika sulit untuk menentukannya, maka Anda bisa memilih desain meja dengan menyesuaikan dengan tinggi kursi yang digunakan. Selain itu, permukaan kerja yang padat selain tidak enak untuk dipandang juga dapat menciptakan stress. Untuk itulah sebaiknya karyawan diberikan meja yang lebih besar dengan permukaan lebih lebar agar emosinya bisa tetap stabil. Meskipun terkadang hal itu ditimbulkan oleh kebiasaan buruk si karyawan sendiri yang tidak mau membereskan barang-barangnya. Tapi untuk mempertahankan postur tubuh agar tetap nyaman dalam bekerja dapat ditanggulangi dengan penggunaan workstation.

Meta : Pekerja kantor pada umumnya selalu menghabiskan sebagian besar waktunya dengan aktivitas seperti membaca, menulis, dan mengetik di atas workstation.

0 on: "Tips Memilih Design Workstation Kantor"