Apa Itu Penyakit Diabetes dan Cara Mengatasinya

Penyakit diabetes merupakan sebuah kondisi umum yang terjadi akibat kondisi tubuh yang tidak dapat memecah glukosa serta menggunakannya secara efektif. Glukosa ini berasal dari karbohidrat yang terpecah ke bawah. Glukosa terutama ditemukan didalam makanan seperti nasi, roti, makanan bergula, buah serta produk susu.
Glukosa memang sangat penting sebagai penyedia energi untuk berbagai hal didalam tubuh, seperti halnya gerakan, ataupun untuk memperbaiki kerusakan didalam tubuh. Karbohidrat pada umumnya dipecah oleh hormon insulin yang tealh diproduksi oleh pancreas. Namun, untuk orang yang terserang diabetes terdapat masalah dalam proses ini. Hal ini bisa saja karena insulin yang mereka hasilkan tidak bisa memecah karbohidrat, ataupun karena tubuh mereka tidak bisa menghasilkan insulin. Dengan hal ini maka mereka akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan glukosa yang mereka butuhkan untuk dipergunakan dalam tubuh mereka.
foto:hellosehat.com

Cara Mengatasi Penyakit Diabetes
Cara mengatasi penyakit diabetes pada umumnya relatif mudah. Dokter nantinya akan mendiskusikan perawatan yang direkomendasikan secara rinci dengan anda. tetapi di sini kita menguraikan beberapa perawatan yang tersedia untuk diabetes. Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan. Hal ini tidak hanya tergantung pada tipe diabetesnya.
1.      Mengatasi Diabetes tipe 1
Untuk diabetes tipe 1, pada umumnya dokter akan merekomendasikan beberapa suntikan insulin setiap harinya. Hal ini dilakukan karena ketidakmampuan  dari tubuh dalam memproduksi insulin sendiri. Dengan demikian rezim pengobatan untuk diabetes tipe 1 memang sangat ketat dan memerlukan kerjasama penuh.
Anda juga dokter yang merekomendasikan diet dengan makanan tertentu yang disertai dengan aktivitas fisik. Hal ini berarti para penderita diabetes tipe 1 harus sangat memperhatikan kadar glukosa darah mereka.
2.      Mengatasi diabetes tipe 2
Dokter kemungkina akan lebih fokus pada program diet sehat dengan aktivitas fisik secara teratur. Para penderita diabetes tipe 2 juga harus memeriksa kadar glukosa darah mereka untuk memastikan mereka sehat. Pada beberapa kasus juga digunakan insulin, baik itu melalui suntikan ataupun obat minum.
Demikianlah beberapa informasi tentang cara mengatasi penyakit dan makanan untuk diabetes, semoga informasi ini bermanfaat untuk semua orang.
Latest
Previous
Next Post »