Minuman Tradisional Khas Indonesia Yang Nikmat dan Menyehatkan

Negara kita Indonesia kaya akan kulinernya, tak hanya soal makanan tapi banyak juga minumannya. Minuman tradisional Indonesia sangat nikmat dan bisa berkhasiat bagi kesehatan tubuh seseorang yang meminumnya. Minuman tradisional ini biasanya terbuat dari rempah-rempah dan tanaman obat yang memang dapat meningkatkan kesehatan. Setiap daerah mempunyai khas minuman sendiri-sendiri.
Jahe, kunyit, teh, kencur dan seterusnya. Pembuatan minuman tradisional ini juga menggunakan peralatan seadanya dan tidak sulit. Bahkan setiap orang bisa membuatnya di rumah dan menjadikannya sebagi minuman herbal untuk kesehatan tubuh. minuman ini dibuat tanpa memakai bahan kimia seperti pewarna, pengawet dan perasa. Sehingga, tidak berbahaya bagi tubuh kalau dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah yang banyak.
foto:money.id

Tapi sayang, seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman, minuman tradisional asli Indonesia mulai dikalahkan dengan buatan pabrik. Sekarang ini orang semakin pintar dan membuat minuman kemasan menggunakan peralatan canggih yang praktis. Minuman tersebut diolah sedimikian rupa dengan warna yang menggugah selera dan kemasan yang menarik. Sebagai promosinya mereka mengiming-imingi dengan harga yang murah dan hadiah.
Sehingga, lama-kelamaan minuman tradisional khas Indonesia mulai dilupakan. Sebagian besar orang suka yang praktis dan bisa langsung diminum. Coba saja, jika dulu kalau ingin mengkonsumsi susu jahe harus menyiapkan air jahe dan susu terlebih dahulu. Kemudian baru dicampur dan diminum. Tentu memerlukan waktu yang lama untuk menyeduhnya. Sedangkan sekarang, tinggal beli saja susu jahe kemasan dan menyeduhnya, lalu dikonsumsi.
Apalagi jaman sekarang dituntut serba cepat dan semua makananpun tersedia dengan cepat. Jarang orang ingin ribet dan meluangkan waktunya untuk membuat minuman tradisional. Bahkan mereka tak sadar kalau minuman kemasan mengadung bahan pengawet, perasa, bahan pewarna dan zat kimia lainya. Jadi, wajar saja jika saat ini penyakit yang dulu hanya diderita oleh orang lansia, diderita oleh anak-anak muda.
Bagi Anda yang sedang ingin menikmati minuman tradisional untuk menghangatkan tubuh atau kesehatan, alangkah baiknya membuatnya sendiri. Untuk resepnya Anda bisa mendapatkannya melalui searchin di google atau aplikasi resep di Android. Minuman tradisional tak hanya yang hangat-hangat saja, tapi ada juga yang dingin. Antara lain es dawed, es cincau, es bajigur, es campur dan lain sebagainya. Yuk, buat sendiri minuman sehat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah.
Previous
Next Post »