Arti Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak usia dini itu penting diperhatikan dan harus dilakukan oleh semua orang tua. Pendidikan ini adalah suatu pengajaran atau pembinaan yang diberikan kepada anak sejak lahir hingga berusia 6 tahun. Pembinaan ini dilakukan dengan cara pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu tumbuh kembang Anak baik secra jasmani maupun rohani. Sehingga, anak mempunyai kesiapan fisik dan mental saat memasuki pendidikan selanjutnya. 

Pendidikan anak usia dini diselengarakan sebagai bentuk pengajaran yang menitikberatkan pada dasar pertumbuhan dan lima perkembangan. Lima perkembangan tersebut diantaranya peerkembangan agama dan moral, perkembangan fisik atau koordinasi motorik halus dan kasar, kecerdasan atau kognitif yang berupa daya cipta dan daya pikir, sosio emosional yang ebrupa sikap dan emosi serta bahasa dan komunikasi. 
foto:bangkudepan.com
Pembinaan atau pengajaran dilakukan secara bertahap sesuai kelompok usia pada anak usia dini. Hal ini tercantum dalam Permendiknas nomor 58 tahun 2009. Dilaksanakannya pendidikan ini bertujuan untuk seperti di bawah ini!

Tujuan pendidikan anak usia dini (PAUD)
Sebagai fondasi atau kerangka dasar bagi anak untuk beradaptasi dengan lingkungan serta sebagai bekal pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.
Untuk mengarahkan anak sejak dini dengan cara memberi rangsangan edukasi sehingga bisa menumbuhkan potensi yang tersembunyi pada anak.
Membantu mengembangkan semua potensi yang sudah terdapat dalam diri anak.
Agar bisa mendeteksi sejak dini atas kemungkinan terjadinya masalah atau gangguan di dalam tumbuh kembang anak-anak. 

Selain mempunyai tujuan yang jelas bagi tumbuh kembang anak, pendidikan anak usia dini juga memiliki fungsi yang penting. Berikut ulasannya!

Fungsi pendidikan anak usia dini (PAUD)
Sebagai langkah untuk adaptasi atau penyesuaian diri terhadap lingkungan. PAUD akan berperan untuk membantu anak agar bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi di sekitarnya. Sehingga, nantinya anak bisa menyikapi suatu keadaan dengan benar dan tepat. Dia menjadi tahu cara bersikap, berperilaku serta memahami lingkungannya dengan baik. 

Untuk membantu dalam pengembangan potensi yang masih tersimpan maupun yang sudah terlihat dari anak. Dengan memberikan lingkungan edukasi sehingga potensi tersebut bisa berkembang maksimal dan nantinya bermanfaat bagi kehidupan anak di masa depan. 

Sebagai lingkungan bermain yang tepat bagi anak. Bermain adalah hal bagi anak sepanjang hidupnya. Melalui bermain, anak bisa mendapatkan lebih banyak pengetahuan dengan kegiatan yang merangsang neuron-neuron otak.

Itulah arti pentingnya pendidikan anak usia dini yang perlu Anda ketahui.
Previous
Next Post »