Langkah Cepat Mengetahui Kehamilan Sedini Mungkin

Trimester pertama kehamilan adalah masa pertumbuhan dan menjadi penentu kesehatan janin. Sehingga suatu keharusan bagi Anda mengerti cara mengetahui kehamilan sedini mungkin. Kalau tidak, akibatnya akan fatal. Bayangkan saja, jika Anda tidak tahu kalau sedang hamil, lalu melakukan aktivitas yang ekstrim, itu akan memungkinkan Anda mengalami keguguran. Tentu Anda tidak mau hal itu terjadi bukan? Apalagi jika itu kehamilan pertama. 
strip dua berarti positif hamil, foto:wajibbaca.com
Cara mengetahui kehamilan sedini mungkin bukanlah suatu yang sulit. Baik calon ayah dan ibu pasti tidak sabaran ingin mengetahui apakah sudah berhasil atau belum. Tapi, Anda harus sedikit bersabar karena untuk mendeteksi kehamilan tidak bisa dilakukan pada hari yang sama saat pembuahan terjadi. Mau tahu cara mendeteksi kehamilan sedini mungkin? Inilah caranya :

Tes darah
Cara mengetahui kehamilan sedini mungkin yang terbaik adalah dengan menguji sampel darah calon ibu. Apabila sample darah mengandung HCG berarti tes positif. Tes ini bisa menunjukkan hasil 10 setelah hari ovulasi Anda. Artinya tes darah bisa memberikan hasil setelah 3-4 hari terjadinya implantasi embrio di rahim.

Tes urin
Selanjutnya cara mengetahui kehamilan sedini mungkin yaitu dengan melakukan tes urin. Saat HCG terdeteksi dalam urin Anda, maka yakinlah kalau Anda sedang hami. Tes ini biasanya memberikan hasil 12 hari setelah ovulasi atau setelah 6-7 hari dari implantasi embrio di rahim.

Alat tes rumahan
Alat tes rumahan merupakan cara mengetahui kehamilan sedini mungkin yang sudah sejak dulu digunakan. Caranya tuangkan beberapa tetes urin ke alat tester. Kemudian alat akan menunjukkan positif atau negatif. Namun, tes ini terkadang kurang akurat.

Terhentinya siklus menstruasi
Salah satu cara mengetahui kehamilan sejak dini paling mudah yaitu dengan memperhatikan siklus menstruasi. Jika siklus haid tiba-tiba terhenti, kemungkinan Anda hami. Jika Anda mengalami terlambat menstruasi atau haid, sebaiknya hubungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang kehamilan ini.

Mendeteksi kehamilan sedini mungkin sangat perlu dilakukan. Karena itu merupakan fase pertumbuhan janin yang paling penting. Jadi, jangan ambil resiko! Ketika Anda merasakan ada tanda-tanda kehamilan muncul, segera lakukan tes sebagai cara mengetahui kehamilan sedini mungkin. 
Previous
Next Post »